Generasi Z Sebagai Target Kunci

Penargetan Pasar Generasi Z

Kesetiaan seperti yang kita tahu mungkin sudah mati. Nahlo, kalimat tadi mungkin bukan cara yang positif untuk memulai sebuah artikel, tetapi bagaimana dengan pembeli Generasi Z?, itu bisa jadi fakta. Dijuluki Centennials oleh banyak orang, generasi konsumtif berikutnya ini diharapkan dapat menguatkan kembali bisnis ritel seperti yang kita kenal. Mereka adalah orang-orang yang lahir pada tahun 1996 atau lebih baru, dan mereka akan mengambil alih. Dan mereka akan setia jika Anda menyesuaikan dengan kebutuhan mereka.

generasi Z

Faktanya, pada tahun 2020, generasi berikutnya ini akan menjadi kelompok konsumen terbesar di dunia yang menguasai lebih dari 40 persen basis pelanggan. Dan kebutuhan serta perilaku belanja mereka akan memaksa pemilik toko untuk memikirkan kembali dan merekayasa ulang pendekatan mereka lebih dari gabungan tiga generasi terakhir. Generasi ini memberikan beberapa tantangan unik bagi pemilik toko

Ciri-Ciri Centennials Atau Generasi Z

  1. Rentang Perhatian Singkat
    Tidak heran jika generasi berikutnya ini memiliki rentang perhatian yang singkat. Mereka telah dibesarkan untuk mengekspresikan semuanya dalam kode dan semburan 140 karakter. Posting yang panjang dan pesan merk yang bertele-tele akan membuat mereka bosan.
  2. Mereka halus
    Meskipun para remaja ini seperti pendahulu mereka dalam banyak hal, perbedaan terbesar terletak pada alat yang dapat mereka akses dan gunakan. Kelompok generasi berikutnya dapat melompat dari satu aplikasi ke aplikasi berikutnya – dari foto ke posting – dari percakapan hingga berbelanja dengan mudah. Faktanya, banyak dari pembeli ini tertarik pada toko yang memberikan pengalaman berbelanja yang halus seperti kehidupan mereka.
  3. Mereka Menghargai Komunitas
    Dengan kehidupan yang dijalani “secara sosial”, pembeli ini lebih memilih “kami” dan bukan “saya”. Mereka mencari banyak review tentang produk yang ingin dibeli sebelum membuat keputusan membeli dan membagikan pengalaman mereka secara online.
  4. Mereka Tahu Mereka Muda, Tapi Tidak Ingin Diperlakukan Seperti Anak Muda
    Kelompok ini memahami bahwa usia mereka adalah usia remaja. Tapi, mereka percaya bahwa mereka memiliki lebih banyak kekuatan dan kecerdasan dibanding dengan orang tua sebelum mereka. Dengan kata lain, mereka percaya bahwa mereka dapat mencapai hal yang sama pada usia 19 tahun yang tidak dicapai orang tua mereka sebelumnya pada usia 29 tahun. Artinya, mereka mengharapkan Anda memperlakukan mereka seperti mereka berusia 30 tahun dan bukan 20 tahun. Pengalaman pelanggan adalah segalanya bagi generasi ini.

Inilah yang menjadi tantangan dan nilai inti Generasi Z ini, bagaimana Anda merespons hal tersebut? Strategi apa yang akan anda lakukan?

Desain Toko

Generasi Z sangat jeli dalam memilih produk yang baik. Maka pastikan barang terbaik Anda berada di garis pandang alami mereka. Mereka memiliki nilai yang tinggi pada sentuhan dan rasa. Mereka memperhatikan sigboard pada setiap produk untuk membantu keputusan pembelian.

Namun, satu hal yang paling mereka perhatikan adalah label harga. Mereka tidak suka dengan toko yang menyembunyikan label harga. Sebab kelompok generasi berikutnya ini telah melatih diri mereka sendiri untuk tidak mempertimbangkan suatu barang jika tidak sesuai dengan anggaran. Meskipun terkadang mereka akan menghabiskan lebih dari anggaran mereka, pengeluaran berlebih ini biasanya didorong oleh rangkaian fitur dan bukan merek. Pastikan desain toko Anda menunjukkan harga dengan jelas pada merchandising Anda

Suasana Toko

Toko yang menarik pembeli Gen Z memiliki “getaran” tentang mereka. Mereka bersifat “indrawi” dalam berbagai cara. Misalnya, toko Anda harus menarik bagi sebanyak mungkin indra. Penglihatan, suara, sentuhan, dan bau itu penting, apa pun produk yang Anda jual. Mereka menyukai musik. Itu menandakan kehidupan.

Disamping itu masih banyak strategi konsultan minimarket lainnya yang dapat digunakan untuk menjadi strategi penargetan generasi z. Anda juga dapat berkonsultasi dengan kami seputer permasalahan yang terjadi di seputar toko minimarket, dan strategi pemasaran minimarket.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.