5 Tips Membuat Planogram Minimarket.

Planogram minimarket merupakan diagram visual, atau gambar, yang digunakan sebagai mapping penempatan produk pada rak minimarket sebagai alat displaynya. Didalam planogram setiap produk telah dikelompokkan menurut departemen dan kategori dari masing-masing produk, beserta jumlah alokasi pajangan untuk setiap produk pada shelving rak minimarket. Dalam skema lebih lanjut planogram juga menggambarkan penempatan barang disesuaikan dengan tingkat penjualan produk dengan tujuan untuk memaksimalkan omset minimarket.

Tingkat kesulitan pembuatan planogram dapat bervariasi tergantung dari luasan toko, banyaknya varian produk, jumlah barang yang ada, dan alat display yang digunakan. Planogram dapat berbentuk gambar denah dua dimensi maupun tiga dimensi, namun bisa juga berbentuk plakat yang diletakkan diatas lorong maupun di rak minimarket yang digunakan.

Planogram Minimarket

Mahalnya harga software planogram memaksa pelaku bisnis minimarket maupun ritel modern lainnya untuk membuat planogram secara manual. Ada juga yang menyewa konsultan minimarket spesialis merchandise visual untuk membantu pengembangan planogrammereka.

Seiring meningkatnya persaingan pemasaran produk ritel, memaksa para distributor agar lebih sadar akan pentingnya pemajangan produk mereka. Kesadaran itu mengarah pada tampilan produk pada rak, dan penempatan produk mereka pada planogram toko yang telah disediakan oleh pemilik toko

Sebuah survey pernah dilakukan dengan menggunakan metode pengamatan dari kamera CCTV didalam toko. Survey ini mengamati perilaku pelanggan didalam toko yang mengarah pada planogram didalam toko dengan kata lain pelanggan vs planogram. Dengan mengidentifikasi bagian toko yang paling mudah diakses, mereka dapat memprediksi jumlah penjualan. Tempat yang mudah terlihat juga menghasilkan penjualan lebih banyak. Kesimpulan dari survey ini ialah penempatan barang dagangan memiliki dampak pada penjualannya, disinilah pentingnya sebuah planogram

ilustrasi planogram minimarket

Tujuan Planogram

Korelasi antara penempatan produk dan peningkatan penjualan, merupakan alasan kuat mengapa pemilik minimarket harus menerapkan planogram minimarket. Planogram juga memberikan banyak manfaat positif lainnya :

  • Potensi penjualan dapat diprediksi dalam setiap persegi ruangan minimarket,
  • Menarik pelanggan dengan daya tarik visual lebih baik.
  • Kontrol inventory dapat lebih baik untuk mencegah kehabisan stok.
  • Pengisian ulang produk lebih mudah untuk staf.
  • Pengelompokan produk yang lebih baik.

Pengelolaan minimarket yang baik selalu memperhatikan strategi visual merchandising yang tepat untuk meningkatkan penjualan. Planogram adalah salah satu alat merchandising terbaik untuk menyajikan produk pada pelanggan.

Tips Membuat Planogram Minimarket

Berikut adalah beberapa tips yang perlu diperhatikan saat membuat planogram.

Simple

Banyak pengelola minimarket membuat proses planogram menjadi terlalu rumit dan akhirnya kehilangan tenaga setelah beberapa bulan. Jangan mengadopsi proses yang tidak dapat anda pertahankan. Itu hanya akan membuat karyawan anda frustrasi.

Training/Latih Karyawan Anda

Luangkan waktu untuk melatih karyawan anda tentang cara menggunakan planogram. Berikan pedoman visual umum yang dapat mereka ikuti, untuk bisa mereka terapka secara berkelanjutan

Analisis Planogram Minimarket Anda

Setiap bulan, tarik laporan penjualan anda dan lihat planogram anda. Apakah ada perubahan atau tidak, libatkan karyawan anda untuk berdiskusi dalam hal ini.

Tentukan Penanggung Jawab

Tentukan satu orang dari karyawan anda sebagai penanggung jawab merchandising visual. Biarkan mereka untuk merancang dan merencanakan planogram sebagai bagian dari beban kerjanya, berikan insentiv khusus untuk hal ini.

Jika toko anda saat ini belum menggunakan planogram, inilah saatnya untuk memulai menggunakan. Planogram sangat penting dalam mendorong keberhasilan manajemen inventaris anda, begitu juga merchandising visual yang didorong oleh planogram.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.